Pendidikan
Agu28

Mempelajari Matematika, Fisika dan Kimia secara Menyenangkan dengan Cara Ini




Oleh Chamidatuz Zahra

 

Mempelajari Matematika, Fisika dan Kimia secara Menyenangkan




Mempelajari Matematika, Fisika dan Kimia secara Menyenangkan

Mempelajari Matematika, Fisika dan Kimia secara Menyenangkan dengan Cara Ini – Mata pelajaran matematika, fisika, kimia merupakan beberapa mata pelajaran yang dinilai rumit bagi sebagian siswa. Mencatat rumus atau keterangan dari guru yang sedang menjelaskan terkadang membuat kita sudah langsung malas sehingga kita menulis dengan asal-asalan dan saat akan dipelajari lagi di kemudian hari, kita sudah tidak ingat maksud dari tulisan kita sendiri.

Meskipun saat ini banyak teknologi seperti tablet, laptop dan lain-lain, kita akan tetap mengandalkan buku tulis sebagai media untuk mencatat yang lebih praktis dan mudah juga terjangkau.

 

 

Berikut ini beberapa tips untuk mengoptimalkan buku tulis kita agar kita dapat mempelajari matematika, fisika dan kimia secara menyenangkan:

1. Menggunakan dua buku tulis untuk satu mata pelajaran.

Gunakan dua buah buku tulis yang khusus digunakan untuk tugas atau mengerjakan soal dari guru dan buku tulis khusus untuk mencatat pelajaran serta semua keterangan dari guru. Dengan cara seperti ini, catatan dan tugas kita akan lebih tersusun rapi.

2. Bagi halaman buku tulis menjadi dua sisi.buku

Pada tiap lembar buku yang digunakan untuk mencatat pelajaran dan keterangan, bagilah menjadi dua bagian, satu halaman dipisah dengan garis vertikal yang membelah halaman.

Kita bisa mencatat semua materi dan keterangan dari guru, dan jangan lupa untuk menyertakan contoh soal juga di sisi yang lebih lebar, sedangkan di sisi yang lebih kecil, bisa kita gunakan untuk proses menyelesaikan soal, menulis semua catatan kita termasuk catatan yang tidak kita mengerti dan ingin kita tanyakan kepada guru, komentar, gambar, sampai curhat tentang emosi kita yang sedang senang, sedih, marah, ngantuk, bosan dll. Gunakan juga pena dengan warna berbeda untuk menulis teorema dan contoh soal, sehingga nanti pada saat kita belajar di rumah, tulisan warna-warni kita tersebut akan sedikit membantu kita untuk mengingat materi yang sudah kita tulis di sisi halaman yang lebar.

3. Satu buku catatan untuk tiap mata pelajaran hingga lulus.

Usahakan tetap menggunakan buku yang sama sejak kelas 1 hingga kelas 3 untuk tiap mata pelajaran, hal ini akan lebih memudahkan untuk belajar nanti, apalagi pada saat akan UNAS, karena kita memiliki satu buku catatan yang khusus untuk satu mata pelajaran. Jangan takut tas kita akan menjadi berat karena buku tulis yang kita gunakan tidak akan setebal yang kita bayangkan, mengingat tiap pelajaran tersebut juga sudah ada buku materinya.

4. Pinjam catatan teman.

Jangan malas untuk meminjam catatan ke teman jika kita sedang tidak dapat masuk sekolah, cara penulisannya pun tetap seperti yang dijelaskan di atas. Saat mengembalikan buku tersebut ke teman kita, kita bisa sedikit bertanya dan membahas tentang pelajaran tersebut. Penjelasan atau keterangan-keterangan darinya bisa kita tulis di sisi halaman yang lebih kecil.

Bagi sebagian orang, menulis di buku tulis akan lebih menyenangkan dan terasa lebih seru daripada mengetik di tablet, laptop atau gadget lain karena tiap goresan pena saat menulis pelajaran yang sulit dan belum kita mengerti atau saat sekadar mencoret-coret ketika menghitung terasa berkesan dan lebih memiliki cerita.

Semoga tulisan tentang cara mempelajari matematika, fisika dan kimia secara menyenangkan ini bermanfaat bagi kita semua.




Tags:
  • SHARE!

Related Posts