Pendidikan
Agu24

15 Tips Mengatasi Rasa Malas

0 comment




mengatasi-rasa-malas




15 Tips Mengatasi Rasa Malas – Malas dan suka menunda-nunda pekerjaan bukanlah penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Menunda pekerjaan hanyalah sebuah mindset atau pola pikir yang perlu diubah. Ada beberapa hal yang perlu diingat agar tips ini bisa bermanfaat.

Yang pertama, ingatlah selalu bahwa menunda pekerjaan adalah kebiasaan buruk. Karena lebih mengutamakan hal-hal tidak penting, akhirnya tugas yang seharusnya diselesaikan malah tidak terselesaikan atau bahkan tidak dikerjakan.

Yang kedua, komitmen. Kita harus bertekad bulat, baik secara fisik maupun mental. Jika tidak, tentu kita akan mudah tergoda untuk melakukan hal lain daripada tugas yang seharusnya kita kerjakan.

Untuk meningkatkan produktivitas dan mengatasi rasa malas, kita bisa mencoba beberapa tips di bawah ini:

1. (10+2)*5

Mungkin terlihat seperti hitungan matematika biasa. Tapi (10+2)*5 adalah salah satu tips efektif untuk mengatasi rasa malas. Maksud dari (10+2)*5 adalah 10 menit kerja ditambah 2 menit istirahat lalu dilakukan 5 kali, sehingga ketika ditotal jumlahnya adalah 1 jam. Terapkan rumus ini dalam menyelesaikan pekerjaan. Dengan tips ini kita bisa memaksimalkan produktivitas dalam waktu 1 jam tersebut. Jika sudah terbiasa, kita bahkan tidak butuh jadwal istirahat.

2. Buat jadwal

Bermalas-malasan adalah kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan. Kita harus menggantinya dengan kebiasaan lain yang lebih produktif. Ketika ada tugas atau pekerjaan, buatlah jadwal untuk setiap tahapnya. Contohnya ketika mendapatkan tugas membuat laporan. Kita bisa membuat jadwal seperti:

9:00 – 9:10 am – Menyiapkan laptop, koneksi internet, kopi, dsb.
9:10 – 10:00 am – Mencari referensi di internet
10:00 – 10:45 am – Mempelajari referensi
10:45 – 11:00 am – Istirahat!
11:00 – 12:00 pm – Membuat garis-garis besar laporan

Membuat jadwal dan menetapkan deadline bisa membantu kita tertata dan disiplin. Selain itu, deadline juga akan memberikan tekanan agar kita bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Jadwal seperti ini tidak hanya untuk pekerjaan atau tugas-tugas penting, tetapi juga bisa kita terapkan untuk rutinitas sehari-hari untuk melatih disiplin sehingga kita terbiasa untuk beraktivitas dan tidak bermalas-malasan.

3. Istirahat

Beri waktu tubuh untuk beristirahat. Karena tubuh yang dituntut untuk terus bekerja tanpa istirahat akan capek dan jenuh yang lama-lama bisa menimbulkan rasa bosan dan malas. Saat istirahat, kita bisa menentukan hal-hal yang ingin dilakukan, mungkin bisa dengan browsing, membuka media sosial, chatting dengan teman, makan snack atau lainnya. Seperti pada tips (10+2)*5, beristirahatlah di antara waktu kerja, bedanya ini dilakukan maksimal dalam waktu 20 menit. Lama-kelamaan, kita akan bisa menentukan waktu istirahat secara lebih bijak. Dengan tips ini kita bisa menyelesaikan pekerjaan sambil melakukan hal-hal yang kita sukai.

4. Biru dan Merah

Jauhkan meja atau ruangan kita dari hal-hal yang mengalihkan perhatian. Menurut penelitian dari Science Daily tentang warna yang meningkatkan kemampuan otak, warna merah dapat menambah kemampuan memperhatikan detail, sedangkan warna biru bisa meningkatkan kreativitas. Selain meningkatkan daya otak, warna-warna ini juga mampu memanjakan mata dan membuat kita lebih semangat dalam menyelesaikan pekerjaan.

5. Bantuan Teman

Kita bisa meminta tolong kepada teman atau siapa saja yang mau untuk mengingatkan ketika kita mulai bermalas-malasan. Bisa sahabat, rekan kerja, istri, atau orang-orang terdekat lainnya. Tapi pastikan, ketika diingatkan, kita tidak marah dan berusaha untuk kembali menyelesaikan pekerjaan atau tugas-tugas kita.

Bersambung…

Itulah bagian pertama dari 15 tips mengatasi rasa malas yang bisa sahabat cerdas coba. Follow twitter @tipcerdas untuk tips-tips lainnya dan agar tidak kelewatan kelanjutan tips ini.




Tags:

Rate this article!

  • SHARE!

Related Posts