Kesehatan
Mei25

Cara Alami Mengatasi Sariawan

0 comment




mengatasi-sariawan




Cara Alami Mengatasi Sariawan – Sedang mengalami sariawan? atau sering mengalami sariawan? uh, pasti rasanya sangat menyiksa. Sebenarnya apa sih penyebab sariawan? dan apa saja cara untuk mengatasinya?

Sariawan merupakan tanda bahwa kita sedang stress dan biasanya petanda bahwa kita terlalu capek. Selain itu, sariawan adakalanya mencerminkan masalah kesehatan lainnya seperti radang usus, alergi gluten (ada pada gandum dan oatmeal), flouride atau zat-zat lainnya. Sariawan juga bisa menandakan bahwa tubuh kita kekurangan zat besi. Trauma fisik pada mulut juga bisa menimbulkan sariawan. Misalnya, akibat tidak sengaja menggigit pipi bagian dalam atau terlalu semangat saat menggosok gigi hingga mengenai gusi.

Berikut ini beberapa cara alami untuk mengatasi sariawan yang bisa sahabat cerdas coba:

Larutan garam
Kumur-kumur dengan air garam bisa membantu mendisinfeksi sariawan, agar bersih dari bakteri yang secara alami ada di mulut dan mencegah agar sariawan tidak memburuk.
Caranya:
Campurkan 1-2 sdm garam dengan segelas air hangat. Jika sahabat cerdas tidak tahan dengan rasanya yang asin, sahabat cerdas bisa menggantinya dengan baking soda.
Ulangi beberapa kali dalam sehari. Sebaiknya lakukan setiap sahabat cerdas selesai makan dan sebelum tidur.

Madu
Madu memiliki sifat anti-bakteri sehingga juga bisa digunakan untuk mengatasi sariawan.
Caranya: Ambil madu secukupnya dan oleskan langsung pada sariawan. Sahabat cerdas juga bisa menggunakan cotton bud untuk mengoleskan madu pada sariawan. Rasanya mungkin agak perih tapi madu terbukti efektif untuk mengatasi sariawan.

Es Batu
Suhunya yang dingin bisa mengurangi bengkak dan mengurangi rasa sakit pada sariawan.
Caranya: Ambil es batu dan tempelkan pada bagian yang mengalami sariawan, jika kuat, gunakan lidah untuk menahan es batu pada sariawan selama beberapa saat. Jika sahabat cerdas tidak tahan dengan dinginnya es batu, minimal minumlah air dingin sepanjang hari.

Kurangi konsumsi asam
Adakalanya sariawan timbul karena kondisi mulut kita terlalu asam (pHnya terlalu rendah). Jika demikian, kurangi makanan dan minuman yang asam juga pedas agar pH mulut kita kembali seimbang.

Mouthwash
Sering membersihkan mulut dengan mouthwash akan membuat mulut bebas dari bakteri jahat dan mengurangi rasa sakit atau nyeri akibat sariawan. Sahabat cerdas bisa menggunakan mouthwash yang banyak dijual di pasaran. Tapi jika mau yang alami, rebus beberapa lembar daun sirih hingga mendidih. Diamkan air rebusan daun sirih hingga suam-suam kuku atau dingin lalu gunakan sebagai mouthwash alami.

Lemon atau jeruk nipis
Iris lemon atau jeruk nipis lalu oleskan pada bagian yang mengalami sariawan. Rasanya sedikit perih tetapi setelah itu rasa sakit pada sariawan akan berkurang.

Baking soda + jeruk nipis/lemon
Ambil sedikit perasan air jeruk nipis/lemon lalu campur dengan baking soda. Tambahkan sedikit air dingin dan madu lalu campur hingga rata. Oleskan pada bagian yang mengalami sariawan dua kali sehari, yaitu di pagi dan malam hari sebelum tidur.

Itulah beberapa cara alami untuk mengatasi sariawan yang bisa sahabat cerdas coba. Tapi jika pemicunya karena sahabat cerdas sedang stress, banyak kerjaan, memikirkan tugas dan lainnya, mungkin sahabat cerdas perlu jalan-jalan dan refreshing agar tidak stress dan sariawan segera sembuh.




Tags:

Rate this article!

  • SHARE!

Related Posts