Pergaulan
Mei28

Empat Tips Agar Sabar

0 comment




tips-agar-sabar




tips agar sabar

Empat Tips Agar Sabar
Sabar menurut KBBI adalah tahan dan tabah menghadapi cobaan (tidak lekas marah, tidak lekas putus asa, tidak lekas patah hati), juga tenang atau tidak tergesa-gesa dan tidak terburu nafsu. Sabar banyak sekali diperintahkan dalam Al-Quran dan merupakan salah satu akhlak terpuji yang seharusnya dimiliki oleh ummat islam. Selain itu, banyak sekali keutamaan-keutamaan bagi mereka yang bisa bersabar. Di antaranya:

Firman Allah dalam QS An-Nahl ayat 96 yang artinya:
“Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan balasan yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan.”

Juga firman Allah dalam QS Az-Zumar ayat 10:
“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS Az-Zumar: 10)

Selain itu, terkait keutamaan bersabar, Rasulullah SAW bersabda:
“Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mu’min: Yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya.” (HR. Muslim)

Dari hadist di atas, jelaslah bahwa orang-orang yang beriman adalah mereka yang (salah satunya) mampu bersabar. Beberapa ulama bahkan menyebutkan bahwa sabar adalah separuh dari iman. Kaitan sabar dengan iman ini bahkan diibaratkan dengan kepala dan badan. Tidak ada iman yang tidak disertai kesabaran, sebagaimana tidak ada badan yang tidak memiliki kepala.

Berikut ini 4 tips agar sabar:

  • Ikhlas

Menerima bahwa semuanya berasal dari Allah dan apa pun yang berasal dari Allah pastilah yang terbaik. Dengan begitu, insyaAllah kita akan bisa bersabar menghadapi setiap masalah dan cobaan/ujian dari-Nya.

  • Ingat Tujuan Hidup

Bagaimana pun keadaan kita sekarang, setinggi apa pun pangkat dan kedudukan kita di mata manusia, pada akhirnya kita akan sampai pada satu titik bernama kematian. Selalu ingat bahwa kita akan kembali pada-Nya dan semua yang kita miliki hanyalah titipan yang sifatnya sementara.

  • Membaca Al-Quran

Dengan banyak membaca Al-Quran kita akan mendapatkan ketenteraman jiwa sehingga bisa bersabar dari masalah yang sedang dihadapi.
Rasulullah bersabda: “Tidaklah berkumpul suatu kaum dalam satu rumah Allah untuk membaca dan mempelajari Al-Quran kecuali turun atas mereka sakinah (ketentraman jiwa) dan rahmat serta diliputi oleh malaikat serta Allah sebut di hadapan malaikat (sisi-Nya).” (HR Muslim).

  • Belajar dari Orang Lain

Sebagai ummat muslim, kita punya panutan terbaik untuk kita teladani. Kita bisa mempelajari bagaimana sabarnya Rasululah SAW dalam menghadapi kekejaman kafir quraisy. Selain belajar sabar dari Rasulullah, kita juga bisa belajar dari orang-orang yang ada di sekitar kita.

Itulah 4 tips agar sabar. Tips sabar ini disampaikan dalam salah satu kultum Ramadhan di Masjid Muhajirin, Joyogrand, Merjosari Malang.




Tags:

Rate this article!

Empat Tips Agar Sabar,0 / 5 ( 0votes )
  • SHARE!

Related Posts