Keluarga, Pendidikan
Jan14

Cara membersihkan freezer dengan efektif

0 comment




Cara membersihkan freezer dengan efektif – Biasanya, freezer adalah satu bagian dari kulkas yang kebersihannya sangat jarang kita perhatikan. Penyebabnya mungkin karena freezer selalu dingin dan membeku, tidak seperti bagian kulkas lain yang mudah menimbulkan bau. Akibatnya, kondisi freezer biasanya sudah terlalu kotor, ketika kita sadar telah ada terlalu banyak bunga es yang menumpuk atau isinya yang sudah terlalu penuh. Simak cara membersihkan freezer berikut ini.

Beberapa peralatan yang diperlukan, antara lain :

  • Spon atau kanebo
  • Botol semprot
  • Air hangat
  • Sikat gigi bekas

Membersihkan Freezer




Berikut ini cara membersihkan freezer dengan efektif:
  1. Mengeluarkan Isi Freezer

Cara membersihkan freezer yang pertama adalah mengeluarkan semua isinya. Kita bisa mengeluarkan semua makanan atau minuman yang ada di dalamnya lebih dulu sambil menilai makanan/minuman mana yang masih layak dikonsumsi dan mana yang tidak. Siapkan icebox atau kotak stereofoam yang agak besar untuk menampung isi freezer kita agar tidak terlalu mencair saat dikeluarkan dari freezer.

  1. Siapkan wadah penampung air

Cara membersihkan freezer yang kedua adalah menyiapkan wadah penampung air lelehan bunga es. Biasanya, terdapat saluran pembuangan air yang mencair keluar dari freezer. Pastikan Anda meletakkan wadah penampung yang cukup besar tepat di bawah saluran keluar tersebut agar lelehan air dari bunga es tidak meluber ke mana-mana.

  1. Membersihkan Es yang Membeku di Freezer

Cara membersihkan freezer yang ketiga adalah mencairkan dan membersihkan bunga es. Untuk kulkas 2 pintu, freezer-nya terletak terpisah dari kompartemen yang lain sehingga tidak terdapat penumpukan bunga es di dalamnya. Jika freezer yang Anda miliki seperti ini, silakan lompati langkah ketiga ini. Jika freezer telah kosong, cabut kabel listrik kulkas/freezer dan biarkan pintunya terbuka. Langkah ini bertujuan mencairkan bunga es yang menempel dan mungkin memerlukan waktu beberapa jam. Supaya pencairannya lebih cepat, jika ada, Anda bisa mengisi botol semprot dengan air hangat, kemudian semprotkan air hangat perlahan-lahan ke arah bunga es yang tebal. Setelah bunga es sudah mulai pecah, Anda bisa mengambilnya dan langsung membuangnya, tanpa harus menunggunya cair.

 

  1. Membersihkan Freezer

Sekarang, Anda bisa dengan mudah membersihkan freezer setelah semua penghalangnya hilang. Mulailah dengan membuang semua kotoran sisa-sisa makanan atau daging yang sebelumnya disimpan dengan tangan Anda. Silakan gunakan sarung tangan dari lateks jika Anda mau. Untuk sudut-sudut freezer yang sulit dibersihkan, gunakan sikat gigi untuk merontokkan kotoran yang menempel. Siramkan lagi air hangat untuk membilas semua kotoran yang masih menempel atau terlalu kecil untuk diambil dengan tangan. Anda juga bisa menggunakan spon untuk menyerap dan mengambilnya.

  1. Mengeringkan Freezer

Gunakan spon atau kanebo yang digunakan khusus untuk dapur untuk mengeringkan freezer yang sudah bersih. Setelah semua langkah di atas selesai, Anda bisa memasukkan kembali semua isi yang sebelumnya dikeluarkan ke dalam freezer sambil menatanya dengan rapi. Selamat mencoba.

 

Itulah beberapa cara untuk membersihkan freezer. Selamat mencoba




Tags:
  • SHARE!

Related Posts