Keluarga, Parenting
Jun7

Kapan Anak Kita Mulai Diajari Puasa?

0 comment




Kapan Anak Kita Mulai Diajari Puasa? –Menurut penelitian, ternyata berpuasa memberikan manfaat yang sangat baik bagi perkembangan fisik dan mental anak. Para ahli meyakini bahwa hormon pertumbuhan dan daya tahan tubuh akan meningkat dengan berpuasa. Ditinjau dari segi psikologis, dengan berpuasa anak jadi mempunyai pola hidup lebih disiplin, sabar, mau berbagi, mengendalikan diri (dailymoslem.com/) dan tentu saja jujur.

Jadi kapan anak kita mulai diajari berpuasa? Susatyo JP, dokter yang mengisi rubrik konsultasi kesehatan dalam Forum Komunikasi Masyarakat Muslim Indonesia di Jerman menyatakan bahwa anak-anak bisa mulai diajar berpuasa sejak usia 4 tahun (dailymoslem.com).

Kapan Anak Kita Mulai Diajari Puasa?




Sumber gambar: http://majalahgontor.net/wp-content/uploads/2014/09/qqqq.jpg

Pada usia 4 tahun, kondisi tumbuh kembang anak harus menjadi pertimbangan utama orangtua dalam mengajarkan berpuasa. Di usia balita, anak-anak sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan tubuh sehingga memerlukan asupan nutrisi yang cukup untuk memenuhi bahan bakar dan bahan dasar proses tersebut.

Pada rentang usia tersebut, enzim yang diproduksi dalam saluran pencernaan anak-anak memiliki fungsi yang berbeda dengan yang ada pada orang dewasa. Pada anak-anak, selain untuk kerja sistem pencernaan, enzim yang ada di usus juga berguna membantu proses tumbuh kembang. Sedangkan pada orang dewasa, fungsi untuk membantu proses pertumbuhan tubuh yang ada pada enzim saluran pencernaan ini sudah tidak ada.

Dr. Susatyo juga menyatakan bahwa keseimbangan cairan pada tubuh anak juga berbeda dengan orang dewasa. Anak-anak lebih banyak memerlukan cairan, juga cenderung lebih mudah terkena dehidrasi dibandingkan dengan orang dewasa (bukan usia lanjut). Karena itu tidak dianjurkan untuk mengajarkan puasa pada anak sebelum usia 4 tahun karena bisa mempengaruhi proses tumbuh kembang anak. Selain itu proses pengenalan pola makan masih harus ditanamkan kepada anak.

Jadi, kapan anak kita mulai diajari puasa? Usia 4 tahun bisa dijadikan patokan awal untuk mengajarkan puasa pada anak. Asalkan, kondisi kesehatan anak baik-baik saja dan perkembangan tubuhnya tidak terganggu. Tentunya diajarkannya secara bertahap. Jangan langsung memaksa anak berpuasa seharian penuh. Berikan pengertian soal manfaat puasa secara sederhana.

Ajarkan  anak-anak bersimpati kepada orang-orang yang kurang beruntung, yang mungkin sering kekurangan makan. Berikan pemahaman soal pahala dan surga sedikit demi sedikit, tapi jangan sampai mengancamnya. Berikan reward jika anak berhasil berpuasa, bahkan walaupun belum penuh. Hadiah bisa berupa pujian, pelukan, atau menu sahur dan berbuka puasa yang ia suka. Jika anak sudah diajarkan berpuasa sejak dini, maka begitu anak mencapai usia baligh,insyaallah puasa tidak akan menjadi beban baginya.

Referensi:

http://forkom-jerman.org/pada-usia-berapa-anak-mulai-diajarkan-berpuasa/

http://www.dailymoslem.com/relationship/parenting/bingung-inikah-waktu-yang-tepat-untuk-ajari-anak-berpuasa-2

https://www.islampos.com/pada-usia-berapa-si-kecil-mulai-diajari-berpuasa-9978/

 




Tags:

Rate this article!

  • SHARE!

Related Posts