Keluarga
Apr21

Persiapan Mengajak Anak Naik Pesawat

0 comment




Persiapan mengajak anak naik pesawat – Anak kecil mana yang tidak senang dan girang jika diajak bepergian dengan pesawat untuk pertama kalinya, atau kedua kalinya, atau ketiga kalinya, ah kemungkinan besar si anak tetap akan sangat bersemangat untuk naik pesawat kapan saja ada kesempatan. Nah agar setiap pengalaman naik pesawat ini selalu menyenangkan, simaklah beberapa persiapan mengajak anak naik pesawat berikut ini.

 

Berbagai persiapan mengajak anak naik pesawat:

  1. Cek kesehatan si kecil sebelum terbang.

Perjalanan dengan pesawat udara memiliki kondisi khusus yang tidak ada dalam perjalanan dengan moda transportasi lain. Kondisi ini adalah perbedaan tekanan udara di darat dan di dalam kabin pesawat. Perbedaan tekanan udara ini paling besar berpengaruh pada kondisi telinga, hidung dan tenggorokan, yang akan sangat terganggu jika kondisi anak-anak tidak fit atau sedang pilek. Upayakan agar salah satu lubang hidung tetap bisa digunakan bernafas untuk menyesuaikan perbedaan tekanan udara ini. Ada beberapa obat tetes hidung atau obat minum yang bisa digunakan untuk memastikan lubang hidung anak-anak tidak tersumbat saat berada di dalam kabin. Selain itu, siapkan makanan kecil atau permen yang juga dapat memancing gerakan menelan yang juga berfungsi menyesuaikan perbedaan tekanan udara yang ada.

  1. Siapkan mainan dan trik khusus untuk mengisi waktu.

Memang mengasyikkan jika anak-anak bepergian dengan naik pesawat dan bisa mendapat tempat duduk persis di samping jendela. Anak-anak bisa melihat pemandangan bumi dari atas dan langit yang luas. Akan tetapi, jika anak-anak tidak bisa menikmati semua pemandangan itu, karena tidak duduk di samping jendela atau karena penerbangannya dilakukan pada malam hari, anak-anak harus diberikan kegiatan bermain khusus. Bawalah mainan kesukaannya agar si anak punya kesibukan khusus untuk mengisi waktu selama perjalanan. Atau, ajaklah jalan-jalan ke toilet agar tidak bosan. Meskipun tidak sedang ingin buang air, ajak saja anak untuk berjalan menyusuri lorong pesawat hingga masuk ke dalam toilet untuk lebih mengenal isi pesawat. Bagi anak-anak, kegiatan ini juga merupakan pengalaman tambahan yang cukup berharga saat berada di dalam pesawat, daripada hanya duduk diam dan tidak melakukan apa pun.

  1. Jangan lupa bawa selimut atau penghangat tambahan.

Suhu di dalam kabin pesawat memang dibuat cukup dingin, kurang dari 20 derajat celcius. Langkah ini diambil agar perbedaan suhu bagian luar pesawat dan dalam pesawat tidak terlalu jauh. Namun, kondisi ini bisa sangat tidak nyaman bagi anak-anak. Jadi siapkanlah selimut tambahan atau pakaian hangat yang cukup tebal agar anak-anak tidak kedinginan saat menempuh perjalanan dengan pesawat ini. Topi hangat, kaus kaki, atau sapu tangan tebal juga bisa berguna untuk menghangatkan tubuh anak-anak dan membuat mereka tetap nyaman selama di perjalanan.

 

 




Rate this article!

  • SHARE!

Related Posts