Cari Tips

Loading...

Tips Merawat Kulkas Agar Awet dan Bekerja Optimal

Selain cara penggunaan kulkas yang baik dan benar seperti sudah dijelaskan di artikel tips cerdas sebelumnya, Anda juga perlu memperhatikan cara merawat kulkas agar alat pendingin yang berguna ini bisa bertahan lebih lama alias awet dan dapat berfungsi optimal. Beberapa cara perawatan kulkas  yang perlu diketahui adalah seperti berikut ini:

1. Membersihkan dinding bagian dalam setidaknya satu bulan sekali agar kulkas tidak menimbulkan bau tidak sedap.

2. Membersihkan bagian belakang (kompresor) dari debu. Sebelum dibersihkan, sebaiknya cabut kabel dari stop kontak terlebih dulu.

3. Bersihkan bagian luar kulkas agar untuk menjaga penampilan luarnya.


4. Jangan mencungkil bunga es dengan benda yang tajam karena akan merusak evaporator. Untuk mencairkan bunga es, Anda cukup mematikan aliran listrik atau menekan tombol agar bunga es mencair.

5. Usai dibersihkan, atur suhu secara benar, yaitu medium untuk freezer dan minimum atau maksimum untuk refrigerator. Hal ini perlu karena kalau suhu pada freezer diatur maksimum, maka refrigerator akan berkurang dinginnya.

6. Setelah kulkas selesai dibersihkan, jangan langsung mengisinya dengan barang. Biarkan suhu dingin di dalamnya stabil terlebih dulu (sekitar 20-30 menit) baru setelah itu mengisinya.

7. Jangan pernah menaruh makanan yang masih panas ke dalam kulkas (contohnya agar-agar) karena akan membuat kompresor bekerja keras.

8. Agar kulkas tahan lama dan mampu mendinginkan dengan sempurna, jangan pernah menaruh kulkas dekat dengan sumber panas seperti halnya kompor.

9. Jika kulkas diletakkan di kitchen set, berikan ruang masing-masing 5 cm untuk kestabilan sirkulasi udara di kulkas agar dinginnya maksimal.

Sumber: dari berbagai sumber, ditampilkan untuk Anda semua semoga bermanfaat.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

KOMPAS.com - Sains