Cari Tips

Loading...

Tips Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Seperti sudah banyak diketahui bahwasanya kesuksesan seseorang saat ini tidak hanya dipengrauhi oleh faktor kecerdasan intelektual (IQ), tetapi dipengaruhi juga oleh kecerdasan emosional (emotional intelligence/ EQ). Mengapa? Dalam dunia nyata, untuk menyelesaikan pemasalahan ternyata sangat dibutuhkan juga orang-orang yang cerdas secara emosi.

Ada beberapa cara / tips meningkatkan kecerdasan emosional seperti dilansir dinimon, sebagai berikut ini :
1. Belajar Mendengarkan Orang Lain
Belajarlah untuk menjadi pendengar yang baik. Dengan mendengarkan orang lain, kita akan mengetahui apa yang dipikirkan dan dirasakannya sehingga tidak menjadi salah paham dan dapat menciptakan hubungan yang baik dengan orang lain.

2. Membaca Situasi
Dengan memperhatikan lingkungan sekitar, kita akan mampu mengetahui situasi sebenarnya dan mengetahui apa yang sebenarnya terjadi sehingga mampu mengambil keputusan dengan emosi yang terkendali.

3. Tidak Takut Ditolak
Dalam segala sisi kehidupan, pasti ada dua pilihan. Diterima atau ditolak. Persiapkan diri Anda dalam menerima penolakan. Tanpa persiapan yang baik, suatu penolakan dapat membuat seseorang kehilangan kendali terhadap dirinya karena kesedihan dan kekecewaan sehingga dapat membuat seseorang menjadi putus asa.

4. Komunikasi
Komunikasi adalah jalan keluar untuk menyelesaikan masalah. Tidak ada masalah yang tidak bisa dikomunikasikan. Dengan membiasakan mengkomunikasikan masalah dengan baik, dapat meningkatkan kecerdasan emosi dan menghindarikan dari kesalahpahaman yang tidak penting.

5. Berempati Terhadap Perasaan Orang Lain
Kecerdasan emosi tinggi ditemukan pada orang-orang yang bisa merasakan perasaan orang lain dan bisa mengerti apa yang sedang dihadapi orang lain. Berempati kepada orang lain akan membuat kita merasakan apa yang dirasakan orang tersebut sehingga menciptakan rasa tenggang rasa.

6. Menentukan Prioritas
Salah satu cara mengendalikan emosi adalah mampu menentukan prioritas baik dalam kehidupan keluarga, pekerjaan, dan kehidupan sosial. Penentuan prioritas menghindarkan kita dari perasaan tertekan dan stres yang dapat membuat emosi kita terganggu. Orang yang mampu menentukan prioritas di dalam hidupnya akan memiliki kecerdasan emosi tinggi karena kestabilan emosinya dalam mengatasi setiap sisi kehidupannya.

7. Berpikiran Positif
Berpikiran positif memang banyak berhubungan dengan perasaan, namun tetap harus disertai pikiran rasional. Pikiran positif akan membuat kita tidak menduga-duga apa yang dipikirkan oleh orang lain. Oleh karena itu, jauhkanlah pikiran negatif dari kehidupan Anda karena pikiran negatif tersebut akan meracuni hati dan membuat pikiran kita menjadi tidak rasional.

Selamat mencoba dan semoga Anda menjadi orang yang cerdas secara emosional.

Sumber: dinimon.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

KOMPAS.com - Sains