Cari Tips

Loading...

Tips Bahagia Setiap Hari

Hidup bahagia setiap hari, itu adalah harapan setiap orang pada umumnya. Mau hidup bahagia setiap hari?

Kehidupan sehari-hari dapat dibuat lebih bahagia. Ini hanya masalah pilihan. Sikap kitalah yang membuat kita merasa bahagia atau tidak bahagia. Ini benar, kita menemui berbagai macam situasi selama seharian, dan beberapa dari situasi/keadaan tersebut mungkin tidak berhubungan dengan kebahagiaan.

Kita bisa memilih untuk tetap memikirkan kejadian-kejadian yang tidak membahagiakan, dan kita bisa memilih untuk menolak untuk memikirkan hal-hal tersebut, dan sebaliknya, menikmati momen-momen bahagia. Kita semua akan terus mengalami situasi dan kondisi yang bermacam-macam, tetapi kita tidak boleh membiarkan hal-hal tersebut mempengaruhi reaksi dan perasaan kita.

Jika kita membiarkan kejadian-kejadian di luar mempengaruhi suasana hati (mood) kita, berarti kita menjadi budak mereka. Kita kehilangan kebebasan kita. Kita membiarkan kebahagiaan ditentukan oleh kekuatan-kekuatan luar. Sebaliknya, kita dapat membebaskan diri kita dari pengaruh-pengaruh luar. Kita dapat memilih untuk bahagia, dan kita dapat melakukan banyak hal untuk menambah kebahagian dalam hidup kita.

Apakah kebahagiaan itu? Kebahagiaan adalah suatu perasaan tentang kedamaian dan kepuasan dalam diri kita. Ini biasanya dialami ketika tidak ada rasa khawatir, rasa takut atas pikiran-pikiran yang menghantui, dan ini biasanya terjadi, saat kita melakukan sesuatu yang kita suka untuk melakukannya atau saat kita mendapat, menang, memperoleh atau mencapai sesuatu yang berharga/bernilai bagi kita. Ini kelihatannya merupakan hasil dari kejadian-kejadian positif, tetapi ini sebenarnya berasal dari dalam diri kita, yang dipicu/disebabkan oleh kejadian-kejadian luar.

Untuk sebagian besar orang kebahagiaan kelihatannya berlalu cepat (fleeting), karena mereka membiarkan perubahan keadaan-keadaan luar mempengaruhinya. Salah satu cara terbaik untuk mempertahankannya adalah dengan mencapai kedamaian dalam diri melalui meditasi setiap hari. Seiring pikiran menjadi lebih damai, ini akan memudahkan dalam memilih kebiasaan kebahagiaan (happiness habit).

Berikut ini ada beberapa tips untuk meningkatkan kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Berusaha keraslah untuk mengubah cara pandang Anda terhadap sesuatu. Selalu melihat sisi terangnya. Pikiran Anda bisa menyeret Anda untuk memikirkan hal-hal yang negatif dan kesulitan-kesulitan. Jangan biarkan hal tersebut. Lihatlah pada sisi baik dan positifnya dari setiap situasi.

2. Pikirkan solusi, bukan masalah.

3. Dengarkan musik untuk membuat kita relaks.

4. Tonton komedi lucu yang membuat Anda tertawa.

5. Setiap hari, sempatkan waktu untuk membaca beberapa halaman dari buku atau artikel yang bisa menginspirasi kita.

6. Awasi/jagalah pikiran-pikiran Anda. Setiap saat Anda merasa diri Anda sedang memikirkan hal-hal negatif, mulailah berpikir hal-hal yang menyenangkan.

7. Selalu melihat apa yang telah Anda lakukan/kerjakan dan bukan pada apa yang belum dilakukan.

Seringkali Anda mungkin memulai hari dengan keinginan untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan. Pada akhir hari Anda mungkin merasa frustasi dan tidak bahagia, karena Anda belum bisa untuk melakukan semua hal tersebut.

Lihatlah pada apa yang sudah Anda kerjakan, bukan pada apa yang belum bisa Anda kerjakan. Anda mungkin telah menyelesaikan banyak hal seharian, namun Anda membiarkan Anda kecewa, dikarenakan beberapa hal kecil yang belum Anda kerjakan. Anda telah sukses mengerjakan banyak rencana seharian, dan bukannya Anda merasa bahagia dan puas, Anda melihat sesuatu yang belum terselesaikan dan merasa tidak bahagia. Anda telah berlaku tidak adil terhadap diri Anda sendiri.

8. Setiap hari lakukan sesuatu yang baik untuk diri Anda. Ini bisa berupa sesuatu yang kecil, seperti membeli sebuah buku, makan sesuatu yang Anda sukai, menonton acara TV favorit Anda, pergi ke bioskop, atau jalan-jalan ke pantai.

9. Setiap hari lakukan minimal satu tindakan yang membuat orang lain bahagia. Ini bisa berupa ucapan, membantu teman Anda, menghentikan mobil Anda pada jalan penyeberangan untuk memberikan kesempatan orang-orang menyeberang jalan, memberikan tempat duduk Anda di dalam bus kepada orang lain, atau memberikan sebuah hadiah kecil kepada seseorang yang Anda cintai, dan masih banyak hal lainnya yang bisa Anda lakukan. Saat Anda membuat orang lain bahagia, Anda akan menjadi bahagia, dan orang-orang akan berusaha untuk membuat Anda bahagia.

10. Selalu berharap kebahagiaan.

11. Jangan iri hati terhadap orang lain yang sedang bahagia. Sebaliknya, bahagialah atas kebahagiaan mereka.

12. Bergabunglah dengan orang-orang yang bahagia, dan berusahalah untuk belajar dari mereka untuk menjadi bahagia. Ingat, kebahagiaan itu menular.

13. Lakukan yang terbaik dari Anda untuk tetap objektif, ketika segala sesuatunya tidak berjalan seperti yang direncanakan dan yang diharapkan. Objektivitas akan membantu Anda tetap tenang dan mengendalikan mood dan reaksi Anda. Objektivitas (detachment) bukan berarti ketidakacuhan. Ini adalah penerimaan atas hal yang baik dan hal yang buruk dan berusaha untuk seimbang. Objektivitas sangat berhubungan dengan kedamaian dalam diri, dan kedamaian dalam diri berhubungan dengan kebahagiaan.

14. Lebih seringlah tersenyum.

Sumber: Tips for Happiness in Daily Life, Remez Sasson,
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

KOMPAS.com - Sains